AkseleraSI

AkseleraSI is Game, Movie, and Information Blog

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Menulis Populer
Call Of Duty : Modern Warfare 3
Assassins's Creed : Revelation

Total Visitor

About Me

Ryan Arnoldi N R
Lihat profil lengkapku

Follower

Thumbnail Recent Post

Category List

Chat

The Best Course

The Best Course
Keterampilan Interpersonal

Jurusan Tercinta

Jurusan Tercinta
Sistem Informasi

My Campus

My Campus
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Call Of Duty: Modern Warfare 3

The newest series of call of duty. Recommended game for play

Assassin's Creed : Revelation

The Third Series of Ezio story and the last too. Desmond wake in Animus Core and want to complete memories of Ezio. Ezio memories is where he search for altair secret

Batman : Arkham City

Arkham has moved...

Assassin's Creed Embers

Now living in a cozy Tuscan Villa with his wife and their two children, Ezio spends his time enjoying the company of family, old friends, and cultivating his vineyards. The life of this former Assassin Mentor will not stay quiet for long. One day, a mysterious Assassin shows up at Ezio's door quite unexpectedly, begging for Ezio's aid. Will this old Assassin's fire die out before he can save the ones he love, or will it burn brightly one last time?

4 Kepribadian Berdasarkan Elemen

Ada Sanguinis(Udara), Koleris(Api), Plegmatis(Air), dan Melankolis(Tanah). Manakah kepribadian anda?

Night Diamond - Link Select 2


Pasti semua orang kalo belajar pasti cepat jenuh dan selalu melakukan hal yang lain. Karena menurut para ahli waktu yang kondusif untuk belajar hanya pada pagi hari jam 8 dan hanya selama setengah jam.


Ternyata ada loh tips – tips atau konsep yang bisa membuat kita fokus dan enjoy dalam belajar. Konsep itu adalah Konsep MASTER yang diambil dari buku “Accelerated Learning for the 21st Century”. MASTER adalah sebuah singkatan dari kata – kata motivating, acquiring, searching, trigerring, exhibiting, dan refilcting.

Saya akan menjelaskan masing kata – kata tersebut:

-      Motivating Your Mind (Memotivasi pikiran)


Memotivasi pikiran sangat lah penting sekali. Berapa banyak kah orang yang berusaha untuk belajar tanpa motivasi?. Mereka pasti menganggap belajar hanyalah suatu bentuk lain dari "penderitaan". Dengan sikap seperti ini bisa dibilang secara bawah sadar otak akan menolak informasi yang masuk karena dianggap tidak penting.

Karena hal itu pasti kita jadi sangat sulit belajar. Coba kita bandingkan dengan orang yang termotivasi, pasti mereka akan menganggap belajar itu seru dan mengasyikkan. Secara bawah sadar otak akan dengan senang hati mempersilakan informasi untuk masuk.

Jika anda susah memotivasi pikiran anda maka perbaiki niat dan visi anda dalam belajar dan paksa pikiran anda karena untuk kebaikan anda sendiri

-      Acquiring the Information (Memperoleh Informasi)

Seperti yang saya pelajari di pra td dan tempat lain bahwa ada tiga gaya belajar utama, yaitu visual (melalui penglihatan),auditori (melalui pendengaran), dan kinestetik (melalui tindakan).


Kita akan lebih cepat menangkap informasi kalau kita belajar sesuai dengan gaya belajar kita. Oleh karena itu kita perlu mengenali gaya belajar yang tepat untuk kita lalu mempraktekkannya. Hasilnya pasti kita akan lebih cepat menangkap informasi.

Menurut survei kebanyakan pelajar atau orang lebih ke cara belajar visual. Namun pasti ada yang berbeda maka untuk itu kenali cara belajar anda dan dalami.

-      Searching Out the Meaning (Menyelidiki Makna)

Seperti yang saya alami selama ini dalam mengenal teman - teman 2011. Bahwa jangan menghafal saja tapi kenal dan mengerti sifat teman – teman. Sama saja seperti kita belajar, jangan hanya di hafal tapi di mengerti . Pasti masih banyak dari kita yang belajar hanya menghafal. Cobalah merubah cara belajar kita menjadi memahami bukan menghafal.

-      Triggering the Memory (Memicu Memori)


Meskipun memahami merupakan hal yang sangat penting, tapi kita juga harus mampu untuk mengingat fakta. Banyak orang yang punya daya ingat luar biasa. Contohnya ada seorang professor Jepang yang menghafalkan angka pi sampai ribuan angka di belakang koma. Ada banyak teknik yang bisa memudahkan kita mengingat fakta. Seperti singkatan cara belajar "MASTER" adalah salah satunya. Dengan menyingkat menjadi MASTER , dapat mempermudah kita untuk menghafal 6 cara belajar cepat.


Asah kemampuan otak anda dengan hal-hal sederhana. Bisa dengan mengisi TTS,atau sekedar menghapal nomor kontak teman. Bisa juga melatih tangan yang jarang kita gunakan. Misalkan kita tidak kidal maka latihlah tangan kiri kita.

-      Exhibiting What You Know (Pamerkan Apa yang Anda Ketahui)

Memamerkan di sini bukan berarti sombong dan sok tahu. Tetapi yang dimaksud di sini adalah kita harus berusaha membagikan ilmu kita ke orang lain. Karena saat membagikan ilmu ke orang lain kita justru akan mendapatkan lebih banyak lagi.


Contohnya seorang guru kadang lebih cepat paham dan menguasai materi pelajarannya tentang materi pelajarannya setelah dia mengajarkannya pada murid-muridnya. Untuk itu mulailah dari sekarang ajarkan ilmu yg anda dapat,niscaya anda akan terus mengingat ilmu itu.

-      Reflecting What You’ve Learned (Refreksikanlah Apa yang Sudah Anda Pelajari)

Akhirnya sampai juga di step terakhir belajar ala konsep MASTER.  Kita harus mengevaluasi cara belajar kita. Mengapa? Sebab seperti yang sudah di jelaskan di step acquiring , bahwa setiap orang punya cara belajar yang unik yang berbeda dengan orang lain.


Kita harus mengembangkan gaya belajar pribadi yang paling cocok dengan kita. Namun untuk menemukan gaya belajar kita tidak mungkin bisa dicapai hanya dalam waktu semalam. Tetapi dengan cara kiita harus mencoba, mengevaluasi, memperbaiki apa yang kurang, lalu mencoba lagi, dan seterusnya. Dengan melakukan itu kita dapat mengevaluasi gaya belajar kita  secara perlahan.

Itulah 6 langkah cara yang dapat membantu kita dalam belajar ala konsep “MASTER”.  Ternyata sebenarnya belajar itu menyenangkan, tetapi selama ini kita melihat dari sudut pandang yang salah. Maka marilah mencoba , temukan gaya anda dan raih terus jalan menuju kesuksesan.

Seperti kata pepatah Ilmu tanpa amal akan sia – sia, maka sebarkanlah cara belajar ini ke teman – teman anda yang sulit dalam belajar dan juga yang membutuhkan.
















2 Responses so far.

  1. tazangle says:

    entah mengapa tips bljr apapun slalu gagal ketika menjelang uas
    :'(

  2. ya kalo itumah tergantung pribadi masing" ter

Leave a Reply

Twitter Bird Gadget